28 Desember, 2012

PEMBAHASAN TENTANG SAMPAH
A.      Pengertian Sampah
Sampah adalah semua matrial yang dibuang dari kegiatan rumah tangga, perdagangan, industri dan kegiatan pertanian. Sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga dan tempat perdagangan dikenal dengan limbah minicipal yang tidak berbahaya (non hazardous). Sampah adalah bagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia(termasuk kegiatan industrI), tetapi bukan yang biologis (Soewedo,1983).

B.       Jenis-Jenis Sampah
1.    Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sbagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos
2.    Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, platik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan,botol  gelas bekas minuman maupun kertas karton.

C.      Dampak Negatif Sampah yang Tidak Dikelola dengan Baik
a.    Gangguan kesehatan
·      Timbulan sampah dapat menjadi pembiakan lalat yang dapat mendorong penularan infeksi;
·      Timbulan sampah dapat menimbulkan penyakit yang terkait dengan tikus.

b.    Menurunnya kualitas lingkungan
c.    Menurunnya estetika lingkungan
Timbulnya sampah yang bau, kotor dan berserakan akan menjadikan lingkungan tidak indah untuk dipandang mata;
d.   Terhambatnya pembangunan negara
Dengan menurunnya kualitas dan estetika lingkungan, mengakibatkan pengunjung atau wisatawan enggan untuk mengunjungi daerah wisata tersebut karena merasa tidak nyaman, dan daerah wisata tersebut menjadi tidak menarik untuk dikunjungi.Akibatnya jumlah kunjungan wisatawan menurun, yang berarti devisa negara juga menurun.

D.      Pengelolaan Sampah
Agar pengelolaan sampah berlangsung dengan baik dan mencapai       tujuan yang diinginkan, maka setiap kegiatan pengelolaan sampah harus mengikuti filosofi pengelolaan sampah. Filosofi pengelolaan sampah bahwa semakin sedikit dan semakin dekat sampah dikelola dari sumbernya, maka pengelolaannya akan menjadi lebih mudah dan baik, serta lingkungan yang terkena dampak juga semakin sedikit.
Tahapan pengelolaan sampah yang dapat di lakukan adalah:
1.    Sampah dari rumah-rumah dikumpulkan dan disimpan dalam tempat sementara
2.    Kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir untuk diolah sebelum dibuang
3.    Di TPA sampah yang datang diletakkan secara berlapis,dipadatkan,dan diitutupi dengan tanah liat untuk mencegah datangnya hama dan menghilangkan bau
4.    Sampah dibakar menggunakan insinetor.Insinetor adalah perangkat pembakaran sampah yang efisien dan bisa mengurangi polusi udara.

E.       Cara mengurangi sampah di lingkungan masyarakat
Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang-barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya, ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan Styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.

Reduce (Kurangi Sampah!)
Coba cara-cara ini :
1.  Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja.
2.  Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
3.  Membeli susu, makanan kering, deterjen, dan lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama.

Re-use (Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai!)
Coba cara-cara ini :
1.  Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah.
2.  Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus.
3.  Memanfaatkan pakaian atau kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat pembersih(lap), maupun berbagai keperluan lainnya.

Recycle(Daur Ulang Sampah!)
Daur ulang sendiri memang tidak mudah, karena kadang dibutuhkan teknologi dan penanganan khusus. Tapi teman-teman bisa membantu dengan cara-cara ini:
1.  Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk didaur ulang.
2.  Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk didaur ulang.
3.  Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang.

Sekilas Info
Jangan bakar sampah sembarangan!
Mengapa? Karena sampah bisa terdiri dari berbagai bahan yang belum tentu aman. Bahan seperti kaleng aerosol dapat meledak bila kena panas, sedangkan bahan dari plastic dan karet dapat menghasilkan gas yang menimbulkan kanker bila dibakar!
Bila pembakaran tidak bisa dihindari, pastikan bahwa hanya sampahorganik yang dibakar,tidak terlalu banyak sampah basah, dan lakukan jauh dari kerumunan orang banyak atau benda lain yang dapat memperburuk pembakaran .
Kita harus semakin sadar bahwa masalah sampah jangan dianggap masalah yang sepele karena menyangkut kebersihan lingkungan kita. Jika lingkungan tak bersih bukan tak mungkin penyakit akan mudah mengenai kita…..dan ingat selalu “Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar