07 April, 2013

PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN



     
KONSEP PERENCANAAN DALAM KONTEKS MANAJEMEN
      konsep perencanaan sangat penting dalam konteks manajemen secara individu maupun organisasi, dimana perencanaan merupakan langkah awal dalam suatu tujuan, menentukan tujuan, langkah apa saja yang akan di tempuh untuk mencapai tujuan tersebut serta siapa saja sasaran dari perencanaan tersebut. Perencanaan harus disusun secara sistematis dan rasional, agar kita dapat memperhitungkan segala sesuatu yang akan terjadi, serta dapat mempersiapkan tindakan-tindakan atas apa yang akan terjadi. Dalam melakukan sebuah perencanaan kita juga harus melihat kondisi lingkungan sekitar, pada masa sekarang ini lingkungan yang sangat ekstreme dan dalam sekejap dapat berubah secara drastis, untuk itu membutuhkan perencanaan yang benar-benar matang serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

PERLUNYA PERENCANAAN     
      perencanaan sangat diperlukan dalam setiap aspek kehidupan baik secara individu maupun manajemen organisasi karena tujuan dari perencanaan tersebut akan menjadi lebih jelas dan terarah serta mengurangi atau bahkan menghilangkan ketidak pastian, agar semua komponen yang tergabung dalam manajement mengetahui secara pasti tujuan tersebut sehingga nantinya semua komponen dapat bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian dapat membantu dalam memprediksi segala macam hambatan dan kemudahan, agar nantinya hambatan-hambatan yang akan muncul dapat dicarikan solusi dalam mengatasi hambatan tersebut, dan memaksimalkan segala kemudahan yang ada, sehingga nantinya pekerjaan yang dilakukan lebih efektif dan efisientidak berbelit-belit

HUBUNGAN FUNGSI PERENCANAAN DENGAN FUNGSI MANAJEMEN YANG LAIN
      hubungan dari fungsi-fungsi perencanaan dengan fungsi-fungsi manajemen yang lain adalah fungsi perencanaan merupakan pilar yang penting dan yang paling utama dalam semua fungsi manajemen, tanpa adanya perencanaan maka fungsi manajement yang lain tidak akan berjalan karena perencanaan merupakan awal dari sebuah tujuan baik dari manajement individu maupun organisasi. Oleh karena itu fungsi manajement tidak akan lepas dari fungsi perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar